Tempat Wisata Alam di Banjar yang Unik nan Eksotika

Gambar terkait
Kota Banjar tidak lebih dari secuil wilayah yang ada di bagian timur kabupaten Ciamis dan berbatasan dengan wilayah Provinsi Jawa Tengah khususnya kabupaten Cilacap. Memang dahulu kota ini menjadi bagian dari kabupaten Ciamis sebelum akhirnya menjadi kota otonom pada 1 Desember 2002.
Penggunaan nama Banjar sedikit memberikan efek kebingungan bagi warga karena dianggap mirip dengan nama kabupaten Banjarnegara di Jawa Tengah. Maka dari itu untuk membedakan di antara keduanya daerah di Jawa Barat ini disebut juga dengan Banjar Patroman. Ingin tahu potensi wisata apa saja yang dimiliki kota seluas sekitar 113 kilometer persegi ini? Ikuti saja Travelingyuk jalan-jalan di Kota Banjar.

Situ Mustika, Obyek Wisata Terkemuka di Banjar

Gambar terkait
Tidak banyak obyek wisata komersil yang ada di Kota Banjar. Tapi jika kamu mencari tempat wisata yang sudah dikelola dengan baik datang saja ke Situ Mustika. Situ atau waduk ini terletak di desa Karang Panimbal, kecamatan Purwaharja atau terletak di kaki gunung Pemancar (Babakan). Lokasinya yang berada di kaki gunung memberikan udara yang sejuk serta pemandangan hutan jati yang rimbun.

Di tengah Situ Mustika ada sebuah pulau kecil yang bisa diakses dengan menyeberangi jembatan gantung. Nah, jembatan gantung ini juga sangat populer sebagai lokasi untuk foto pre-wedding. Tiket masuk ke kawasan wisata ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 5 ribu. Wisatawan yang datang bisa menyewa perahu gowes untuk berkeliling situ. Atau bagi pecinta alam bisa kemping di akhir pekan di kawasan ini.

Kolam Keren Tak Bernama di Daerah Mandalare

Hasil gambar untuk Kolam Keren Tak Bernama di Daerah Mandalare
Foto di kolam alami ini cukup hits di instagram Explore Banjar Patroman. Hanya saja tak satu pun pemilik foto yang memberikan nama yang jelas mengenai tempat yang keren jika di foto ini. Secara umum melalui penampakan di dalam foto, kolam tersebut berada di kawasan pedesaan dengan tebing batu sebagai latar belakangnya.

Sedikit informasi yang bisa didapat dari salah satu pemilik foto, bahwa gambar tersebut diambil di kawasan desa Mandalare, sebuah desa di kecamatan Pataruman yang sebagian besar wilayahnya didominasi hutan dan perbukitan yang merupakan rangkaian dari Gunung Sawal. Nah, buat yang penasaran dengan nama dan lokasi tempat ini silahkan saja tanya langsung pada yang empunya foto di link yang Travelingyuk berikan pada bagian bawah foto.

Dinding Hits Sumanding, Tembok Hijau Ala Kota Banjar Patroman

Hasil gambar untuk Dinding Hits Sumanding, Tembok Hijau Ala Kota Banjar Patroman
Mereka yang tinggal di Kota Banjar bisa foto-foto ala “tembok hijau” yang sedang ngetren di Kota Gede, Jogja. Jadi traveler akan foto-foto dengan menggunakan tembok yang ditumbuhi tanaman merambat berwarna hijau sebagai latar belakangnya. Konon foto model seperti itu memang tengah hits di kalangan traveler. Kamu bisa mengecek di instagram dengan mengetuk #tembokhijau untuk mengetahuinya.

Ternyata Kota Banjar juga memiliki spot keren untuk berfoto model tembok hijau yang populer itu. Lokasi pastinya kurang tahu, hanya saja traveler yang memposting fotonya di instagram kompak memberi caption jika foto tersebut di ambil di lingkungan Sumanding, kelurahan Mekarsari, kecamatan Banjar, Kota Banjar. Mungkin salah satu dari kalian ada yang tahu lokasi persisnya?

Taman Cinta, Tempat Nongkrong Anak Muda

Hasil gambar untuk Taman Cinta, Tempat Nongkrong Anak Muda

Taman Cinta adalah destinasi favorit anak muda Kota Banjar untuk nongkrong. Taman ini punya pemandangan yang indah dan juga fasilitas yang lengkap sebagai salah satu taman terbuka atau ruang publik. Sayangnya taman yang seharusnya menjadi tempat rekreasi ini banyak disalah gunakan oleh anak-anak muda untuk tempat pacaran.

Selain itu banyak pula warga Banjar yang prihatin dengan kondisi taman yang kurang terawat. Banyak warga yang mengaku pada malam hari taman ini menjadi tempat nongkrong genk anak muda yang kemudian melakukan aksi corat-coret di tembok dan perusakan lainnya. Padahal taman ini bisa menjadi salah satu aset warga Kota Banjar yang merindukan ruang publik yang nyaman dan terawat.

Puaskan Diri Bermain Air di Banjar Waterpark

Hasil gambar untuk Puaskan Diri Bermain Air di Banjar Waterpark

Kota Banjar sejak tahun 2010 sudah memilikis endiri tempat rekreasi air bernama Banjar Waterpark. Taman rekreasi air ini terletak di jalan Stadion Patroman, kelurahan Banjar, kecamatan Banjar, kota Banjar. Traveler yang berkunjung akan dimanjakan dengan berbagai wahana permainan air yang seru.

Beberapa wahana permainan yang ada di Banjar Waterpark antara lain Boomerang, wahana seluncuran setinggi 12 meter yang diperuntukkan traveler dewasa yang punya tinggi badan lebih dari 125 cm. Ada juga Superbowl, yang juga merupakan seluncuran berliku-liku yang cukup ekstrim. Lazy River adalah kolam renang untuk mereka yang ingin bermalas-malasan berenang sambil naik pelampung, dan masih banyak lagi.

Lembah Pajamben
Hasil gambar untuk Lembah Pajamben

Hanya berjarak sekitar 4,5 km dari Alun-alun Kota Banjar kamu bisa menemukan spot wisata cantik yang hits dikunjungi dengan view pemandangan alam dari atas bukit.
Kamu bisa berburu spot kece untuk menambah koleksi foto liburanmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata di Brussel, Belgia yang Mempesona !

Tempat Pariwisata yang ada di Turki yang Wajib Banget untuk Anda Kunjungi

Wisata Alam Hong Kong yang Cantik Dikunjungi Saat Musim Dingin