Wisata Alam Hong Kong yang Cantik Dikunjungi Saat Musim Dingin

kata Hong Kong, yang teringat adalah kotanya yang maju dan modern. Namun, tahukah kamu kalau 40% lahan di Hong Kong merupakan lahan hijau yang dilindungi? Selain itu, musim dingin adalah waktu terbaik untuk hiking, trekking, atau melihat-lihat alam di Hong Kong. Saat musim dingin, cuaca di Hong Kong relatif dingin, sejuk, dan jarang hujan deras. Sebaliknya, cuaca di Hong Kong akan sangat panas dan lembab di musim panas dan cenderung berawan di musim semi.
Yang lebih menyenangkan lagi, hanya butuh 20-30 menit untuk sampai tempat wisata alam tersebut. Semakin tidak ada alasan untuk tidak melihat alam Hong Kong, ‘kan? Yuk, lihat 5 destinasi alam Hong Kong yang akan membuatmu terpukau berikut ini!

Wan Chai Gap Road

Hasil gambar untuk Wan Chai Gap Road

Selain terkenal sebagai pusat komersial Hong Kong Island, Wan Chai juga terkenal karena memiliki situs-situs warisan budaya. Salah satu cara yang seru dan sehat untuk menikmati sisi sejarah dan budaya Wan Chai adalah melalui Wan Chai Gap Road. Untuk menuju ke sana, kamu dapat naik MTR ke Stasiun Wan Chai, keluar melalui Exit A3, lanjut dengan tram, lalu turun di O’Brien Road. Perlahan, kamu akan merasakan kebisingan kota menjauh dan berganti dengan pemandangan serba hijau yang asri.

Kamu akan melewati Lee Tung Avenue atau Wedding Card Street, pusat pembuatan kartu undangan pernikahan yang sudah bertahan selama beberapa generasi. Kemudian, ada Blue House yang merupakan bangunan tradisional tong lau yang dilindungi. Lanjutkan perjalanan ke Bowen Road, terus ke lereng utara Hong Kong, lalu berakhir di Lover’s Rock di Happy Valley. Tempat ini spesial untuk para pasangan karena ada kepercayaan kalau berdoa di sini akan diberkahi dengan pernikahan yang bahagia. Meski begitu, datang sendiri atau bersama pasangan, Lover’s Rock sama indahnya, kok. 

Tai Mei Tuk

Gambar terkait

Tahukan kamu kalau kamu bisa bersepeda dengan nyaman dan aman sepanjang pesisir Hong Kong? Pergilah ke tepi sungai Shing Mun di Sha Tin tempat kamu bisa menyewa sepeda (harga bervariasi, sewa seharian mulai dari HKD55). Mulai dari sini, ada rute sepeda pinggir pantai menuju Tai Mei Tuk. Perjalanan dari Sha Tin menuju Tai Mei Tuk berjarak 22 kilometer dengan jalur khusus sepeda yang bebas kendaraan bermotor.
Enaknya bersepeda di jalur ini adalah kamu bisa berhenti untuk foto sesuka hati. Di perjalanan menuju Tai Mei Tuk, kamu akan melewati Sungai Shing Mun, Hong Kong Science Park, dan Pak Shek Kok Promenade sebelum akhirnya tiba di Tai Mei Tuk. Di sana, kamu akan melihat danau cantik dekat Plover Cove Reservoir.

Pantai Repulse Bay
Hasil gambar untuk Pantai Repulse Bay
 
Pasir lembutnya yang berwarna putih dan bentuknya yang unik menyerupai bulan sabit, menjadikan pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang diminati warga lokal Hong Kong maupun turis mancanegara.
Banyak hal yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti berjemur, bermain pasir, snorkeling, hingga menikmati matahari terbenam. Hal yang unik di pantai Repulse Bay adalah adanya Kuil Kwun Yam dengan jembatan panjang umurnya! Selain itu ada juga patung besar Kwun Yam dan Tian Hau.
Nah, saat berada di pantai ini, jangan lewatkan untuk berburu foto mercusuar yang tidak terlalu jauh dari pantai, kuil, dan juga panorama pantai dengan segala aktivitasnya, ya. Pantai Repulse Bay terletak di bagian selatan Hong Kong. Di sekitarnya terdapat hotel, restoran, dan juga area tempat tinggal kelas atas di Hong Kong.

 Lion Rock
Hasil gambar untuk Lion Rock
 
Selain Dragon’s Rock, masih ada beberapa jalur pendakian di Hong Kong yang bisa dicoba bagi kamu pecinta aktivitas ekstrem. Nah, jalur pendakian yang lebih menantang ada di antara daerah Kowloon Tong dan Tai Wai, yaitu Lion Rock. Mengapa dinamakan Lion Rock?
Puncak perbukitan setinggi hampir 500 meter tersebut berupa batuan granit yang bentuknya mirip singa yang sedang duduk. Untuk mencapainya sebenarnya tidaklah terlalu sulit, ada beberapa tempat istirahat dan tanda arah yang membantu. Jalur pendakian ini totalnya sepanjang 3 km.
Jadi, persiapkan diri dulu, ya, sebelum mendaki. Jangan lupa untuk membawa minum. Saat tiba di atas, kamu bisa melihat pemandangan Hong Kong yang indah, perpaduan antara alam dan gedung-gedung tinggi.

Shing Mun Country Park

Gambar terkait

Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan Shing Mun Reservoir kamu harus naik MTR ke Stasiun Tsuen Wan, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan minibus hijau 82 dari Shiu Wo Street. Shing Mun Reservoir memiliki jalur trek mendaki yang terbilang cukup mudah, bahkan bisa dilalui oleh anak-anak. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu yang sangat cantik seperti blue-spotted crows dan glassy tigers. Kamu juga bisa menantang adrenalin dengan melakukan pendakian yang lebih tinggi lagi ke Tai Mo Shan yang merupakan gunung tertinggi dan paling dingin di Hong Kong.

Wan Chai Gap Road

Hasil gambar untuk Wan Chai Gap Road

Yang istimewa dari Wan Chai adalah selain bisa menikmati pemandangan alamnya, kamu juga bisa melihat berbagai situs warisan budaya, lho. Kamu bisa mempelajari sejarah di sini. Tidak sulit, kok, untuk menuju ke tempat wisata alam Wan Chai. Kamu hanya perlu naik MTR ke stasiun Wan Chai, lalu melanjutkan perjalanan dengan tram untuk turun di O’Brien Road. Dijamin, deh, pemandangan alam yang hijau dan asri akan membuatmu terkesima.

 Tips Hiking dan Bersepeda di Hong Kong Saat Musim Dingin:
  • Cek ramalan cuaca sebelum berangkat.
  • Pelajari rute pendakian/bersepeda sebelum berangkat.
  • Pakai beanie, jaket, dan baju hangatmu saat berkunjung ke Hong Kong. Kalau perlu bawa selimut termal saat mendaki. Suhu musim dingin di Hong Kong bisa mencapai 3 derajat!
  • Pilih warna pakaian yang tidak mencolok terutama saat kamu pergi ke Hong Kong Wetland Park untuk melihat binatang.
  • Bawa termos untuk menjaga minumanmu tetap hangat setelah pendakian yang dingin.
  • Pakailah sepatu boots dengan sol karet, jalanan saat musim dingin pasti licin.
  • Bawalah kantung hangat (hot pack) saat jalan-jalan di Hong Kong. Kamu bisa beli kantung hangat di convenient store atau supermarket.
  • Saat bersepeda, jalan sekitar bisa saja berkabut, maka ada baiknya tetap bersepeda di pinggir dan sesuai jalur.
  • Patuhi rambu saat bersepeda
  • Jangan pernah ragu untuk berhenti dan istirahat saat mendaki dan bersepeda. Kegiatan di atas tidak harus dilakukan secara buru-buru. Jadi nikmati dan gunakan waktumu dengan baik.
  • Dalam keadaan darurat, hubungi 112 atau 999.
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata di Brussel, Belgia yang Mempesona !

Tempat Pariwisata yang ada di Turki yang Wajib Banget untuk Anda Kunjungi